Tuesday, November 29, 2011

macam-macam kelainan haid _mensturasi_



Mengapa haid terganggu??
Irama hidup wanita itu di atur oleh pasang surut gelombang hormone tubuhnya. Di saat subur, hormone juga yang bikin wanita menjadi sangat cantik, kulitnya mulus, dan tubuhnya wangi. Hal itu di perlukan agar lawan jenis, karena daya pikat sex wanita mengandalkan bau (pheromones). Proses haid sendiri di atur oleh beberapa organ di dalam tubuh. Otak, ovarium dan rahim dan di pengaruhi oleh system kerja hormonal tubuh yang masing-masing saling berinteraksi.
 Macam kelainan haid diantaranya :
Tidak kelihatan haid, padahal haid (cryptomenorrhoe)
Sebetunya haidnya berlangsung di dalam rahim, namun darahnya tidak Nampak dari liang vagina. Kemungkinan ini tergolong kasus selaput dara tidak berlubang (gynatresia hymenalis). Yang sama terjadi juga apabila leher rahim mennutup, sehingga darah dari rongga rahim tidak mengalir memasuki saluran vagina, maka darah haid menumpuk di rongga rahim.

Perdarahan bukan haid (metrorrhagia)
                Sama-sama keluar dari vagina belum tentu sama sumbernya. Bedanya perdarahan bukan haid, datangnya bukan pada jadwal haid. Penyebabnya bisa lantaran ada yng tidak beres pada organ  kandungan. Biasanya karena cangkang telur tidak pecah, sehingga telur tidak keluar. Sebagai akibatnya, oleh pengaruh hormone  estrogen yang meningkat pada masa itu, maka lapisan rahim lebih menebal. Dan inilah yang akan menjadi darah haid. Bisa juga karena lapisan endometrium mengalami gangguan. Perdarahan di luar jadal bisa ada telurnya atau bisa juga tanpa kehadiran telur.

Nyeri haid (dysmenorrhoe)
Posisi rahim yang amat membungkuk biasanya yang akan menekuk saluran leher rahim sehingga darah haid dari rongga rahim tidak lancer memasuki vagina. Bisa juga ketika sedang mengalami gangguan jiwa atau alergi terhadap darah haidnya sendiri, ataupun gangguan hormonal..
Tentu nyeri haid bukan berarti terglong wanita tidak subur. Nyeri haid berarti hanya terganggu oleh rasa tidak nyaman saja. Bagi yang karena posisi rahim yang terlalu membungkuk, akan normal seteah melairkan.

Haid banyak dan lama (hypermenorrhoe)
Haid yang banyak dan lebbih lama dari 8 hari mungkin sebab ada yang tidak beres di dalam rahim. Siapa tahu ada myoma uteri / tumor jinak rahim. Atau mungkin juga ada sebab polyp di ronggga rahim. Atau siapa tahu lapisan endometrium yang bersifat susah sekali menjadi luruh.
                Untuk itu rahim erlu di koreksi dulu . haid akan normal kembali jika rahim sudah di reparasi. Akan menjadi semakin parah jika penyakit rahimnya di biarkan tanpa koreksi.

Premenstrual Tension Syndrom (PMS)
                Tidak selalu menimpa semua orang. Biasanya pada mereka yang keseimbangan tubuhnya timpang, atau yang punga masalah jiwa. Selain jadi mudah gelisah, sukar tidur, gamang tersinggung, rasa takut, depresi, sering nyeri kepala, perut kembung, mual muntah, rasa tak nyaman di payudara. Rata-rata muncul 7-10 hari menjelang mensturasi. Berat badan akan sedikit naik karena cairan tertahan di dalam tubuh.
                Atau dalam beberapa kasus, mengaku suka uring-uringan, tak tahu kepingin apa, dan suka mengutil / cleptomania, juga rentan mengalami kecelakaan. Hal itu tak ada sangkut pautnya dengan kesuburan. Hanya perlu obat penenang atua obat penuras kencing.

Sumber : cantik, cerdas & feminim oleh Dr. Handrawn Nadesul 2010. Hal 118-124 dengan perubahan.

No comments:

Post a Comment